Waduh, Oknum Guru di Medan Dapat Gaji Tanpa Mengajar Selama 7 Tahun

Guru Mengajar
Guru Mengajar (kumparan.com)







kedemagazine - Ada cerita menarik namun menyesakkan yang dibuat oleh salah satu warga di Kota Medan, Sumatera Utara. Dia berprofesi sebagai guru. Namun dia berbohong dan menipu, dibuatnya surat kematian palsu terhadap dirinya.


Tidak tanggung-tanggung, ia berhasil menerima gaji dan tunjangan selama tujuh tahun tanpa bekerja sama sekali. Dia tidak mengajar dari 2011 sampai 2018. Dalam kurun waktu itu, ia tetap menerima gaji beserta tunjangannya.

Guru tersebut bernama Demseria Simbolong. Aksinya selama 7 tahun tersebut berakhir dalam pengadilan. Dirinya di adili dengan pasal tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Total kerugian negara akibat ulahnya sebesar Rp.435.144.500. Sejumlah uang itu didapat hanya dengan ongkang-ongkang kaki di rumah tanpa menjalankan tugasnya sebagai guru selama tujuh tahun.

Ulahnya ketahuan berawal dari penyelidikan pengajuan pembayaran asuransi kematian Demseria oleh suaminya kepada PT Taspen Persero Cabang Utama Medan. Awalnya tidak ketahuan. Bank khusus pensiunan tersebut pernah mencairkan dana kepada Demseria sebesar Rp.59.179.200 untuk penerimaan pertama pada 5 Mei 2014 yang lalu. Sedangkan penerimaan kedua sebesar Rp. 3.207.300 pada 23 November 2014.

Atas tindakan yang dilakukannya, Damserria dianggap telah melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ia pun didakwa dengan hukuman penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun. Atau denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 1 miliar. 

Terdakwa melalui penasihat hukumnya sempat mengajukan eksepsi atau nota keberatan terkait dakwaan tersebut. Hanya saja, majelis hakim yang saat itu diketuai oleh Nazar Efriandi menolak eksepsi tersebut.

sumber : kumparan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waduh, Oknum Guru di Medan Dapat Gaji Tanpa Mengajar Selama 7 Tahun"

Posting Komentar